Selasa, 07 Maret 2017

Mercedes-Benz menarik kembali satu juta mobilnya

Rental Mobil pontianak Sewa Mobil pontianak Penyewaan Mobil pontianak Mercedes-Benz menarik kembali satu juta mobilnya yang telah dipasarkan di seluruh dunia. Alasannya, komponen starter mobil berpotensi mengalami panas berlebih, sehingga bisa memicu kebakaran. 
Seperti dilansir 9news, Senin, 6 Maret 2017, penarikan yang dilakukan perusahaan asal Jerman tersebut hanya untuk model-model tertentu, yakni C-Class, E-Class, CLA, GLA, dan GLC produksi 2015-2017. Di Amerika Serikat, jumlah mobil yang harus ditarik kembali mencapai lebih dari 300 ribu unit.
Penarikan kembali itu dilakukan setelah Mercedes-Benz mendapat laporan mengenai adanya 51 mobil mereka yang terbakar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 30 unit di antaranya terjadi di AS. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.
Panas berlebih bisa muncul ketika pengemudi berusaha menghidupkan mesin, namun starter gagal memutar poros engkol mesin. Bila pengemudi tetap memaksa menghidupkan, maka panas bisa muncul dari motor starter.
Mercedes-Benz mulai menyelidiki masalah tersebut pada Juni 2016 lalu, setelah mendapatkan laporan. Pemilik kendaraan akan mulai diberitahu bulan ini dan suku cadang mulai tersedia pada Juli mendatang.

Salah satu mobil hatchback produksi Honda yang banyak diminati kaum muda yakni CIvic Type-R. Mobil ini memiliki desain eksterior yang menarik serta performa mesin yang mumpuni. Tak heran, mobil tersebut banyak dibeli untuk dijadikan sebagai bahan modifikasi.
Setelah membuat heboh publik dengan kehadirkan versi baru Civic sedan, Honda kembali menjadi sorotan karena disebut-sebut akan segera meluncurkan varian terbaru dari Civic Type-R
Awalnya, Honda berencana memajang mobil itu pada gelaran Geneva Motor Show 2017, yang akan dilangsungkan beberapa hari lagi. Namun, foto-foto mobil tersebut sudah keburu bocor di dunia maya.
Dilansir dari Carscoops, Senin, 6 Maret 2017, dua foto yang beredar menunjukkan bagian depan dan belakang dari Civic Type-R terbaru. Dari tampilannya, terlihat mobil hacthback itu hampir mirip dengan versi konsep yang tahun lalu ditampilkan pada ajang yang sama. 
Perbedaan terlihat pada cat yang digunakan. Selain itu, penambahan body kit berbahan serat karbon juga dihilangkan. Namun, penampilan mobil ini tetap gahar berkat penempatan pipa knalpot sebanyak tiga buah di bawah bumper belakang.
Jajaran produk yang dimiliki PT Hyundai Mobil Indonesia didominasi model Sport Utility Vehicle atau SUV dan hatchback. 
Sementara, mobil terlaris di Tanah Air masih didominasi oleh model Mutli Purpose Vehicle atau MPV. Salah satu contohnya yakni Toyota Avanza.
Presiden Direktur HMI, Mukiat Sutikno mengatakan, hal itu diakui membuat Hyundai kesulitan mendapat pangsa pasar yang cukup tinggi.
"Yang diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama ini, tentunya ada suatu produk yang bisa bermain di pangsa pasar cukup gemuk. Ini yang paling utama. Dengan begitu, baru bisa merebut sekitar 15 persen dari total keseluruhan pangsa pasar mobil di Indonesia," ujarnya di showroomHyundai, Simpruk, Jakarta Selatan.
Selain itu, Hyundai juga kesulitan menentukan harga yang bersaing. Sebab, semua produk mereka kecuali H-1, masih diimpor secara utuh dari Korea Selatan. Otomatis pajak barang mewah akan dibebankan ke harga mobil.
Meski demikian, Hyundai enggan menurunkan kualitas produk mereka. Pabrikan asal Korea Selatan itu mengklaim lebih mengutamakan kualitas ketimbang harga yang murah.
Menurutnya, Hyundai tidak akan bisa bermain di harga murah atau low price, Karena, Hyundai selalu menjunjung tinggi keselamatan saat berkendara. Salah satunya yakni penggunaan strength steel.
Lelang mobil menjadi salah satu pilihan ketika hendak membeli mobil bekas pakai. Cara ini sekarang tidak hanya dipakai oleh pedagang mobil bekas, tetapi juga bisa untuk konsumen pribadi.
General Manager MPM Lelang, Mohamad Arief Arianto mengatakan, membeli mobil dengan menggunakan sistem lelang memiliki keuntungan dan kekurangan.
"Bicara soal keuntungannya, beli mobil bekas sistem lelang biasanya harga lebih rendah dibanding harga di pasar. Lalu, pembeli mobil bisa memiliki banyak pilihan dalam satu waktu. Karena, lelang kan biasanya dari satu produk ada beberapa unit, lalu prosesnya juga biasanya cepat," kata dia kepada VIVA.co.id.
Kekurangan membeli mobil dilelang, kata Arief, konsumen tidak bisa mendapat kesempatan yang diberikan oleh showroom, salah satunya test drive. Calon pembeli hanya diberi kesempatan mengecek kondisi mobil saat open house digelar oleh balai lelang.
Mitsubishi tahun ini sibuk menyiapkan dua mobil baru. Satu berbentuk sport utility vehicle atau SUV, sedangkan satu lagi mengusung konsep multi purpose vehicle atau MPV.
SUV baru Mitsubishi dikembangkan di luar negeri, sementara model MPV rencananya bakal diproduksi di pabrik baru mereka yang terletak di Cikarang, Jawa Barat.
Dari dua model tersebut, yang meluncur lebih dulu adalah tipe SUV, yang resmi diberi nama Eclipse Cross. Nama Eclipse pernah dipakai Mitsubishi untuk mobil sedan sport mereka, yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi.
Eclipse Cross akan menjadi pesaing Honda H-RV dan juga Toyota C-HR. Mobil itu rencananya akan diperkenalkan di Geneva Motor Show, yang digelar tidak lama lagi. 
Meski belum meluncur secara resmi, namun wujud Eclipse Cross sudah tersebar di dunia maya. Mitsubishi juga tak malu-malu memunculkan beberapa gambar penampakan utuh dari mobil terbarunya itu. 
Dilansir dari Motor1, Senin 6 Maret 2017, konsep Dynamic Shield ala pabrikan asal Jepang itu menjadi suguhan awal pada bagian depan. Menariknya, lampu kabut Eclipse Cross dibuat mirip dengan calon MPV terbaru Mitsubishi yang saat ini dipamerkan di Indonesia, XM Concept.
Masuk ke bagian interior, nuansanya masih serupa dengan model Mitsubishi lain. Namun, interior dibuat lebih lapang dari Outlander Sport dan dibekali dengan piranti sistem hiburan terbaru yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.
Soal dapur pacu, Eclipse Cross akan hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.500cc turbocharger dan mesin turbodiesel berkapasitas 2.200cc.
Meski belum ada spesifikasi tenaganya, tapi tenaga mesin akan disalurkan melalui sistem gerak semua roda yang diatur secara elektronik
Membeli mobil bekas pakai kini tak hanya bisa dilakukan di showroom, tetapi juga melalui sistem lelang. Lantas, bagaimana prosedur membeli kendaraan dengan cara lelang?
General Manager MPM Lelang, Mohamad Arief Arianto, mengatakan, jadwal kegiatan jual beli yang dibuat balai lelang saat ini bisa dicek melalui sistem online.
"Secara umum, balai lelang biasanya memberi waktu dua hari untuk open house. Tujuannya agar calon pembeli bisa mengecek keseluruhan kondisi dan detail mobil. Mulai dari eksterior, interior dan paling penting mesin," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id.
Setelah calon pembeli menentukan pilihannya, mereka kemudian bisa melakukan registrasi untuk mendapat Nomor Induk Peserta Lelang (NIPL). NIPL tersebut yang nantinya menjadi pengganti identitas peserta saat ikut lelang.
"Setelah cek, kalau memang oke, bisa langsung registrasi. Di tempat kami, registrasinya dengan mengisi identitas, lalu menyerahkan salinan Kartu Tanda Penduduk dan memberi dana jaminan (mobil Rp5 juta, motor Rp1 juta),” jelasnya.
Saat lelang berlangsung, peserta bisa menentukan harga sesuai dengan keinginan. Jika tidak ada peserta lain yang menginginkan harga lebih tinggi, maka dia menjadi pemenang dan membayar harga kendaraan yang ditentukan.
"Ada tiga kondisi pascalelang. Peserta yang tidak menang, kemudian yang menang terus jadi beli dan yang menang namun tidak jadi membeli. Kalau yang enggak menang lelang, ya duit jaminannya kami kembalikan. Yang menang dan mau beli mobilnya, tinggal bayar saja. Nah, ada juga yang menang tapi dia tidak mau beli mobilnya, karena setelah dihitung ternyata kemahalan. Duit jaminan hangus," ujar dia.
Membeli mobil atau motor bekas pakai melalui sistem lelang ternyata belum banyak dikenal oleh masyarakat. Ini lantaran masih banyak masyarakat yang salah kaprah tentang lelang produk otomotif di Indonesia.
Sistem lelang sebenarnya sudah banyak dilakukan di luar negeri. Cara ini menjadi kesempatan emas bagi penggemar otomotif atau kolektor kendaraan untuk mencari produk yang tidak biasa dan jarang dijual di pasaran.
"Kalau di luar Indonesia, lelang sudah banyak dilakukan. Di acara lelang biasanya banyak mobil yang jarang ada di pasaran umum. Tetapi di Indonesia sedikit berbeda," ujar General Manager MPM Lelang, Mohamad Arief Arianto kepada VIVA.co.id.
Ditemui di kantor operasional MPM Lelang di Puri, Jakarta Barat, Arief menyebut ada dua pola pikir yang salah kaprah dari konsumen Indonesia terhadap lelang kendaraan.
"Soal lelang ada dua pandangan di masyarakat, yakni barang yang dijual bermasalah sehingga kalau beri dari lelang dikhawatirkan membeli masalah baru. Lalu yang kedua, mereka cuma berpikir lelang itu berupa partai besar. Artinya, orang yang mau beli mobil satu unit berpikirnya buat apa lewat lelang," ujar dia.
Saat ini balai lelang, lanjut Arief, juga sudah melayani konsumen pribadi yang ingin membeli kendaraan lewat sistem lelang. Sehingga, proses tawar menawar harga kendaraan menjadi lebih optimal ketimbang hanya menjual untuk pemilik showroom atau pemain mobil bekas.
"Padahal saat ini balai lelang untuk otomotif sudah satuan. Ini lebih untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. Kalau sebelumnya kan terbatas. Kami melakukan lelang berharap terbentuk harga yang optimal. Kalau yang beli showroom, mereka pasti sudah persiapkan perhitungan marginnya. Maka kami coba cari katageori end user (pemilik pribadi). Segmen ini tidak berpikir margin, yang penting harganya di bawah harga pasar," Arief menjelaskan. 
Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Institut Otomotif Indonesia menggelar lomba desain mobil pedesaan. Proyek mobil pedesaan ini sengaja digulirkan untuk memberikan solusi kendaraan bagi masyarakat desa.
Dari lomba tersebut, diharapkan bisa lahir berbagai purwarupa kendaraan pedesaan di masa datang. Presiden IOI, I Made Dana Tangkas, mengatakan, pengembangan dan desain alat angkut ini tidak hanya diarahkan untuk meningkatkan mobilitas hasil produk ekonomi pedesaan semata. Namun, juga sekaligus untuk meningkatkan produktivitas. 
Untuk itu, menurut Made, desain kendaraan pedesaan nantinya akan disesuaikan dengan kondisi geografis dan karakter perekonomian masing-masing daerah. 
"Desain kendaraan harus fleksibel. Tidak hanya bisa mengangkut hasil produk pertanian atau peternakan, tapi juga untuk mengangkut alat-alat produksi, seperti alat-alat pertanian,” kata Made dalam keterangan resminya, Jumat 3 Maret 2017. 
Menurut dia, pengembangan alat angkut desa ini merupakan program Kemenperin, sehingga lisensinya ada di instansi pemerintah ini. Nantinya, setiap daerah memiliki potensi untuk mengembangkan kendaraan pedesaan yang menggunakan lisensi dari kementerian. 
“Ini dilakukan, agar potensi pasar kendaraan ini bisa diarahkan untuk pengembangan industri kecil menengah (IKM) di setiap daerah. Diharapkan, dalam implementasinya, kendaraan pedesaan ini akan dijalankan oleh pelaku industri domestik,” katanya. 
Made menuturkan, rencana ini dijalankan sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan Industri Nasional (RIPIN) tahun 2015-2035. Pemerintah telah menetapkan industri alat 
Pada umumnya, kolong mobil merupakan bagian yang jarang diperhatikan pemilik kendaraan. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang memang tidak jelas terlihat. Namun jangan sekali-kali Anda menyepelekannya.
Pasalnya, kolong mobil memiliki beberapa area penting yang harus diperiksa secara rutin. Hal tersebut diungkapkan oleh Rudi, Kepala bengkel WSW Car Body Repair and Paint Specialist, saat ditemui VIVA.co.id di Jakarta Barat.
"Sedikitnya ada empat area penting yang harus diperiksa secara rutin oleh pemilik mobil. Salah satunya itu AS roda," kata Rudi.
Komponen AS roda khususnya mobil berpengerak roda depan wajib diperiksa untuk melihat apakah ada tanah dan kotoran yang melekat. Apabila jarang diperiksa, kotoran pada karet pelindung AS roda dapat menumpuk, sehingga cepat rusak.
Bagian kedua adalah steering rack. Pemeriksaan wajib dilakukan untuk menghindari kotoran menumpuk di karet boot pelindung. Kondisi ini dapat memicu kebocoran oli power steering.
Ketiga adalah suspensi. Jangan sampai sela suspensi kotor karena sil karet akan lebih cepat rusak jika banyak kotoran. Dan yang keempat atau terakhir adalah kondensor AC. Posisi yang rendah membuat kondensor AC bisa tersangkut sampah sehingga area ini wajib untuk diperiksa.
Produsen automotif Mitsubishi akan melebarkan sayap bisnis di Indonesia dengan membangun pabrik baru di Greenland International Industri Center (GIIC), Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Dan pabrik tersebut kini sudah rampung pembangunannya.
Demikian ungkap Executive General Manager, MMC Sales and Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Osamu Iwaba. "Semua pengerjaan dan hardware pabrik sudah selesai. Bahkan, kami sudah melakukan uji coba produksi," katanya.
Saat ini, Mitsubishi tengah melakukan persiapan untuk melakukan seremoni peresmian pabrik yang akan dilakukan pada April 2017. Nantinya peresmian akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran varian baru SUV Pajero Sport rakitan lokal.
"Kami akan meresmikan (pabrik) di bulan April, dan saat ini tengah menyiapkan semuanya. Peresmian pabrik baru kami nantinya akan secara bersamaan dengan peluncuran varian baru Pajero Sport," tambahnya.
Mengenai Pajero Sport buatan lokal, Iwaba masih enggan memberi informasi secara detail. Meski demikian, mobil tersebut akan menjadi varian paling tinggi dari model Pajero Sport yang dijual saat ini.
"Kami memiliki Pajero Sport yang baru yang akan menjadi top level dari line-up Pajero saat ini. Mobil akan mengadopsi teknologi dan fitur keamanan baru," kata Iwaba. 
Tahun ini, produsen otomotif Mitsubishi akan menghadirkan mobil keluarga baru di Indonesia. Bentuk mobil yang diberi nama XM Concept itu sudah diperlihatkan kepada publik di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, Agustus 2016 lalu.
"XM Concept itu adalah small multi purpose vehicle (MPV) kami. Crossover dengan kenyamanan MPV, tapi juga dengan kemampuan SUV (sport utility vehicle)," ujar Sales and Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB), Irwan kuncoro, di Jakarta.
Sementara itu, Dedi Tedja selaku Komisaris PT Dwindo Berlian Samjaya, diler resmi Mitsubishi, mengatakan bahwa timnya juga melakukan melakukan persiapan untuk menyambut mobil baru tersebut.
"Sales dan mekanik disiapkan, spare part juga disiapkan semua. XM Concept ini sasarannya lebih luas dari Pajero Sport. Pajero memang kelas atas. Kalau XM Concept ini lebih menengah ke bawah. Walaupun musuhnya lebih banyak, tapi jelas pasarnya ada," ungkapnya.
Dedi juga yakin, hadirnya mobil yang akan dirakit di pabrik baru Mitsubishi itu bisa meningkatkan penjualan mobil penumpang. Saat ini, kata dia, penjualannya ditopang oleh Pajero Sport.
"Kami memang dasarnya dari Pajero Sport yang utama. Walaupun, kami terus untuk mencoba untuk Outlander dan Mirage. Kami juga menunggu XM Concept. Kalau ini mobil keluar, diharapkan oleh diler bisa 
Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, bekerja sama dengan Institut Otomotif Indonesia, menggelar lomba desain mobil pedesaan. Proyek mobil pedesaan sengaja digulirkan, untuk memberikan solusi kendaraan bagi masyarakat desa.
Dari 21 desain yang diajukan oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi, Kemenperin telah menetapkan lima desain, yang nantinya akan diseleksi lagi ke tahap nominasi. 
Lima desain yang lolos tersebut, yaitu Argani Grand Pick Up oleh tim Telkom University, Waprodek Disel oleh tim Institut Teknologi Surabaya (ITS), Mobil Desa Serbaguna oleh tim Universitas Negeri Semarang (Unnes), Mobil Multifungsi Pedesaan Diponegoro dari tim Universitas Diponegoro (Undip), dan Mobil Desa Nasional oleh tim Unnes. 
“Berdasarkan penilaian juri, panitia memutuskan lima desain tersebut berhak maju ke tahap berikutnya untuk ditetapkan sebagai pemenang. Kelima nominator akan diminta untuk membuat mock-up atas desain mereka, dengan biaya yang ditanggung IOI. Masing-masing sebesar Rp5 juta,” kata Presiden IOI, I Made Dana Tangkas, dalam keterangan resminya, Jumat 3 Maret 2017. 
Menurut Made, lomba desain mobil pedesaan ini cukup mendapatkan respons positif dari kalangan perguruan tinggi. “Ini menunjukkan, keberadaan kendaraan pedesaan mendapat perhatian besar dari kalangan generasi muda,” ujarnya.
Untuk tahap selanjutnya, pemenang lomba desain ini akan diumumkan pada hari terakhir 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar