Selasa, 07 Maret 2017

7 Wisata Air Terjun Eksotis di Pontianak

Rental Mobil pontianak Sewa Mobil pontianak Penyewaan Mobil pontianak Jika Anda berlibur ke Pontianak, jangan lupa untuk berkunjung ke wisata alamnya yang menawan dan masih perawan. Dijamin, Anda akan menemukan beragam destinasi alami yang belum tereksplorasi. Salah satunya adalah pesona wisata air terjunnya. Di wilayah sekitar kota ini, terdapat banyak air terjun yang sayang sekali untuk dilewatkan. 

Berbagai Destinasi Wisata Air Terjun di Pontianak

Riam Merasap

Air terjun atau riam ini memiliki ketinggian kurang lebih 27 meter dengan lebar sekitar 200 meter. Lokasinya berada di Desa Pisak, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Dinamakan Riam Merasap karena saat musih hujan tiba, volume air yang deras menyisakan buih-buih yang membentuk kabut seperti asap. Keindahan hutan hujan tropis serta kejernihan air akan mampu menghipnotis Anda.

Wisata air terjun ini tidak memungut biaya masuk. Meskipun begitu, destinasi wisata yang satu ini menawarkan fasilitas yang terbilang lengkap, contohnya kantin, hotel, toko oleh-oleh, arung jeram, dan lain-lain. Tak hanya itu saja, di sekitar lokasi ini, Anda dapat singgah ke beberapa riam lainnya seperti Riam Naik Kubik, Riam Kaca, serta Riam Babi.

Jika ingin menyaksikan kemegahan air terjun ini, sebaiknya Anda datang pada bulan Oktober saat musim penghujan tiba. Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa menempuh perjalanan dari kota Pontianak dengan jarak sekitar 300 km. Jalur yang harus dilalui cukup menantang karena kondisi jalannya yang berkelok dan seringkali rusak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan mobil yang  disewa dari penyewaan mobil pontianak agar lebih nyaman dalam berwisata. 

Riam Berawan

Masih di Kabupaten Bengkayang, terdapat air terjun tertinggi se-kabupaten yang berlokasi di Desa Sahan, Dusun Melayang, Seluas, Bengkayang. Ketinggian Riam Berawan ini mencapai 75 meter. Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus menempuh perjalanan dengan jarak 76 kilometer dari pusat kota Bengkayang. Berkunjung ke riam ini, Anda akan menyaksikan panorama perbukitan yang indah di sepanjang jalan. 

Menurut legenda, dahulu kala terdapat ular raksasa yang kalah dari pertempuran dengan seorang panglima. Tubuhnya pun terpotong dan menjelma menjadi air terjun atau riam yang sangat tinggi. Suatu hari, ada penampakan rusa di tengah riam yang nampak berwarna keemasan. Karena kisah inilah akhirnya hingga saat ini, air terjun tersebut dinamakan Riam Berawan atau Riam Emas. 

Air Terjun Tikalong

Air terjun Tikalong terletak di Desa Karangan, Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Untuk mencapai ke lokasi ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari Kota Pontianak. 

Jalurnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan dari Pontianak ke Sui Pinyuh, lalu pilihlah arah ke Mandor setibanya di persimpangan Singkawang-Mandor. Dari sana, Anda hanya tinggal mengikuti jalan yang mulus dengan beberapa titik terakhir yang sedikit rusak. 

Setelah menempuh waktu kurang lebih 2 jam, Anda akan disambut oleh pintu gerbang menuju wisata Air Terjun Tikalong yang berada di kanan jalan. Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan asri nan alami dari air terjun setinggi 5 meter ini. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 1000 saja, Anda bisa menikmati keindahan disertai gemericik air yang mendamaikan.

Air Terjun Entugun

Selain tiga air terjun sebelumnya, Anda juga harus singgah ke Air Terjun Entugun.Keunikan dari air terjun ini adalah pada airnya yang bertingkat tiga. Setiap tingkatan memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Airnya sangat deras disertai hamparan bebatuan yang nampak eksotis. Pemandangan tersebut semakin dibuat indah dengan adanya hutan lebat yang seolah menyelimuti gunung yang menjulang tinggi. Benar-benar keren!

Kemegahan wisata alam ini bahkan telah menjadi salah satu aset wisata daerah lho. Lokasinya yang berhawa sejuk dan dingin sangat cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran. Untuk menuju ke destinasi Air Terjun Entugun, Anda harus melalui perjalanan darat berjarak 45 kilometer dari wilayah ibukota kabupaten menuju Dusun Kepayang, Desa Tembaga, Nanga Mahap, Sekadau, Kalimantan Barat. 

Air Terjun Gurung Sumpit

Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Sumpit, Belitang Hilir, Sekadau, Kalimantan Barat. Untuk mencapai lokasi, Anda harus melewati rute yang cukup melelahkan dari Pontianak ke Sekadau, lalu menuju Sungai Ayak dari Desa Gonis Tekam. Selanjutnya, Anda akan menyebrang menggunakan motor air, kemudian lanjut dengan perjalanan darat menggunakan sepeda motor kurang lebih 20 kilometer.

Namun, perjalanan panjang tersebut seakan terbayar dengan pemandangan indah dari air terjun setinggi 50 meter dan keunikan Goa Ratu Kudung yang ada di dinding tepian air terjun. Lokasi Air Terjun Gurung Sumpit ini berada jauh dari pusat keramaian. Oleh karena itu, Anda harus sedia bekal berupa makanan dan minuman yang cukup jika ingin mengunjunginya. 

Riam Melanggar

Letak Air Terjun Melanggar berada di Dusun Perbuah, Desa Marayuh, Aik Besar, Pontianak, Kalimantan Barat. Dari pusat Kota Pontianak, Anda harus menempuh perjalanan darat berjarak kurang lebih 260 kilometer. Setibanya di lokasi, Anda akan disambut air yang terjun deras dari ketinggian sekitar 40 meter.

Air terjun ini harus Anda singgahi saat berada di Pontianak. Selain karena mempunyai keunikan yakni ukurannya yang sangat lebar, terdapat banyak destinasi wisata air terjun di kawasan kecamatan yang sama yakni Aik Besar. Contohnya Air Terjun Remabo di Desa Sekendal, Terinting di Desa Jambo Tembawang, Padelembayung di Desa Betiang, Meroban di Desa Amparjawa, dan beberapa air terjun lainnya. Jadi, sekali tempuh, banyak riam terlampaui.

Air Terjun Pancur Aji

Jika kebanyakan lokasi air terjun lainnya berada di pelosok daerah, destinasi yang satu ini berada tak jauh dari pusat kota. Tepatnya di Kecamatan Kapuas, Sanggau, Kalimantan Barat. Dari Kota Sanggau, tujuan wisata ini berjarak 6 kilometer atau sekitar 3 kilometer dari jalan ke arah Pontianak. 

Lokasinya pun telah dijadikan kawasan wisata alam sekaligus hutan lindung bagi beragam flora langka. Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya taman anggrek dan kebun binatang, serta Benteng Buang Malaka dan meriam kuno yang bersejarah. 

Karena merupakan kawasan wisata, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 1.500 untuk anak-anak dan Rp. 2.500 untuk dewasa, serta ongkos parkir untuk kendaraan roda dua dan empat masing-masing Rp. 2500 dan Rp. 5.000. Untuk menemukan lokasi ini, Anda tidak perlu kesulitan karena terdapat tanda lokasi di sekitarnya. Akan tetapi, Anda harus tetap waspada sebab jalanannya berbukit-bukit.

Sarana Transportasi Menuju Air Terjun

Untuk menjelajahi beragam air terjun yang ada di Pontianak dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan alat transportasi roda dua atau empat. Namun, jika ingin menikmati liburan sekaligus kenyamanan di perjalanan, sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan jasa sewa mobil Pontianak sekaligus dengan supirnya. 

Jadi, Anda tidak perlu takut tersesat dan Anda juga bisa menyimpan tenaga selama perjalanan. Selain itu, cara ini akan lebih menghemat pengeluaran bila Anda berlibur bersama rombongan keluarga.

Hanya dengan mengeluarkan biaya sewa sebesar Rp. 500.000, Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas mobil jenis All New Innova Reborn dengan jumlah kursi sebanyak 6 lengkap dengan AC selama seharian. 


Jika ingin menyewa jasa supir, cukup tambahkan Rp. 150.000 untuk perjalanan dalam kota atau Rp. 250.000 untuk jangkauan luar kota. Murah meriah kan? Nah, bagi Anda yang ingin menikmati kenyamanan berwisata bersama keluarga di Pontianak dan sekitarnya, segera kunjungi website berikut ini http://www.jayarayarentcar.com/profil bila ingin menggunakan jasa rental mobil Pontianak yang terpercaya. Selamat berlibur!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar